Ghobro » info

Akhirnya Pilkada Lewat DPRD disahkan

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Secercah harapan diberikan SBY (Demokrat) kepada pendukung Jokowi (PDIP,PKB,Nasdem,Hanura,PKPI) di tengah-tengah meluapnya emosi pendukung koalisi Megawati-Kalla di tengah-tengah bayang-bayang kegelapan terkepung di Jakarta dari daerah. Gonjang-ganjing di tubuh PPP pun menguatkan harapan itu. Tetapi, dukungan Pilkada Langsung Demokrat bersyarat yang diajukan sebagai opsi ketiga. PDIP, PKB dan Hanura yang semula menolak  di forum lobi pimpinan fraksi, , kemudian mendukung opsi ke-3 yang ditawarkan Demokrat, Pilkada Langsung dengan syarat 10 koreksi.  Pimpinan Rapat, Priyo Budi Santoso, atas desakan partai pendukung pilkada tidak langsung, mengetuk palu dengan hanya menegaskan dua opsi yang telah disetujui forum lobi pimpinan fraksi.

Politikus PDIP memulai kericuhan

Politikus PDIP, Aria Bima langsung berteriak meminta ketuk palu yang dilakukan pimpinan dicabut, yang didukung politisi PDIP lainnya. Aria Bima, Maruarar Sirait dan kawan-kawan mendekati meja pimpinan. Politikus PPP, Ahmad Yani meminta mereka kembali ke meja masing-masing.

Demokrat Walk Out

Tidak diakomodirnya opsi Demokrat menyebabkan Demokrat WO. Juru Bicara Fraksi Partai Demokrat, Benny K Harman, langkah itu diambil setelah mengikuti dinamika dan tahapan demi tahapan perkembangan baik di dalam forum paripurna maupun dinamika yang berkembang ditengah masyarakat. Serta menimbang secara sungguh-sungguh sebagaimana ideologi Demokrat yang menjunjung tinggi kesantunan Demokrat, lanjut Benny, tidak ingin kehadirannya membawa masalah-masalah baru. Maka, Demokrat menyatakan sikap sebagai penyeimbang.

Ada lima anggota Fraksi Demokrat yang tetap bertahan di ruang sidang, salah satunya Gede Pasek Suardika. Politikus Demokrat asal Bali itu meminta PDIP tidak sakit hati ditinggal Demokrat. Menurut dia, Demokrat juga punya pengalaman ditinggal walk out PDIP.
"Sebagai partai baru, Demokrat mengikuti seniornya (PDIP) hal yang wajar, bagaimana sakit hatinya kalau ditinggal walk out. Ke depannya lebih memilih perasaan sahabat yang lain," kata Gede Pasek disambut tawa anggota dewan, Jumat (26/9/2014) dini hari.

Hasil Voting

Hasil voting RUU Pilkada:

  1. Demokrat (6 langsung), (0 DPRD)
  2. Golkar (11 langsung), (73 DPRD)
  3. PDIP (88 langsung), (0 DPRD)
  4. PKS (0 langsung), (55 DPRD)
  5. PAN (0 langsung), (44 DPRD)
  6. PPP (0 langsung), (32 DPRD)
  7. PKB (20 langsung), (0 DPRD)
  8. Gerindra (0 langsung), (22 DPRD)
  9. Hanura (10 langsung), (0 DPRD)

Hasil akhir, 135 langsung, 226 DPRD.

Penulis
Kategori Demokrasi, Konstitusi

←LamaBaru →