Ghobro » info

Bandar Islam Indrapura

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Negeri Inderapura sebelumnya disebut Tanah Dayo, Ujung Tanah atau Dayo Ujung Tanah. Berdasarkan asal usulnya, penduduknya berasal usul dari tiga asal, yakni :

  1. Melayu Darat, merupakan bagian besar, yakni orang darat yang turun dari Kubung Tiga Belas dan Alam Surambi Sungai Pagu.
  2. Melayu Tepi Air, berasal dari Tanah Sangiang (Sangir), yakni dari sehiliran Batang Hari, Jambi.
  3. Orang Laut, berasal dari Jawa, Sulawesi dan pulau-pulau sekitarnya.

Di Indrapura terdapat Muara Gedang, yakni pertemuan dari Muara Sakai dan Muara Bentayan.

Pada masa Daulat Yang Dipertuan Berdarah Putih, Indrapura merupakan Ujung Tanah dan Urek Tunggang yang menghunjam dalam, dari Wilayah Alam Minangkabau yang berpusat di Koto Ranah, negeri yang bernama Minangkabau, dekat Sungayang Kabupaten Tanah Datar yang kemudian diteruskan oleh Kerajaan Pagaruyung. Raja Indrapura diberikan hak otonomi memerintah sekalian Pesisir Barat Minangkabau.

Indrapura pernah menyatukan daerah dari Sikilang Air Bangis sampai Selebar, Sungai Urai, Ketaun. Dan ke timur, ke Durian Ditakuk Rajo, menyatukan negeri-negeri pelabuhan di pesisir barat : Natal, Barus, Air Bangis, Tiku, Pariaman, Koto Tangah, Pauh, Padang, Bungus Teluk Kabung yang termasuk Nagari Nan Duo Puluah di selatan Padang. Di pesisir selatan dibentuk konfederasi Bandar Sepuluh ( dari Batang Kapas sampai Air Haji). Konfederasi Koto Sebelas berpusat di Tarusan, Bayang Nan Tujuh, yang berpusat di Koto Berapak tempat kedudukan Pemuncak Alam Pucuak Bulek Urek Tunggang Bayang Nan Tujuh dan Koto nan Salapan, yang berpusat di Kampung Dalam Pulut-Pulut sebagai tempat kedudukan raja. Salido dipimpin Ampanglimo Sinaro sekaligus sebagai Raja Salido. Tarusan, Bayang dan Salido adalah Nagari Nan Tigo Kadudukan Rajo, karena ketiga negeri tersebut merupakan tempat kedudukan raja.

Sebelum Indrapura, telah ada Negeri Air Pura yakni 3 kampung yang terletak di Muara Gedang, yakni Kampung Muar Campa, Kampung Air Puding dan Kampung Teluk Air Pura.

Riwayat Islam Pulau Perca : Bandar Islam : Bandar Batanghari Kerinci Indrapura

Penulis
Kategori Sejarah, Sejarah Islam

←LamaBaru →