Ghobro » info

Lima Negara Mengklaim Situs Gunung Padang

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Andi Arief, Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana yang menjadi inisiator Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) menyebutkan bahwa situs megalitikum Gunung Padang lebih tua daripada situs Machu Pichu di Peru. Material paleosoil di kedalaman empat meter menunjukkan usia 5.500 SM (Sebelum Masehi) setelah diuji berdasarkan uji penanggalan jejak karbon oleh Laboratorium Batan. Material dari kedalaman 4 hingga 10 meter menunjukkan usia 7.600 – 7.800 SM berdasarkan uji Laboratorium Beta Miami, Florida, Amerika Serikat. Usia di lapisan pertama 500 SM.

Gunung Padang kini berdimensi 29 hektar x 220 meter

Pembersihan yang dilakukan oleh 300 anggota TNI bersama TTRM pada hari Sabtu 16 Agustus 2014 di sekitar situs Gunung Padang, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat memperjelas dimensi situs tersebut. Kini terbukti dimensi bangunan dengan luas 29 hektar dan tinggi 220 meter.

Upacara HUT RI pertama di Gunung Padang

Para peneliti situs Gunung Padang membuat sejarah baru. Pada tanggal 17 Agustus 2014 dilaksanakan peringatan HUT RI ke-69 di situs itu. Itu adalah peringatan HUT RI pertama di Gunung Padang.

Klaim lima negara atas situs Gunung Padang

Penelitian TTRM dalam tiga tahun terakhir menarik kehadiran pelancong dalam dan luar negeri. Kata Andi Arief, wisatawan asing yang melancong merasa bahwa Gunung Padang dibangun oleh leluhur mereka. Dengan demikian, situs Gunung Padang diklaim dibangun oleh leluhur lima negara, yakni :

  1. Indonesia
  2. Jerman
  3. Tiongkok
  4. Yunani
  5. Malaysia

Penulis
Kategori Budaya, Sejarah

←LamaBaru →