Ghobro » info

Lima Orang Tidak Berpendidikan Yang Sukses

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Pendidikan formal selalu dianggap ukuran kualitas seseorang. Dalam pembahasan RUU Desa, diusulkan peningkatan syarat pendidikan dari SMP ke SMA. Padahal pendidikan formal tidak berkaitan dengan kesuksesan. Pengusaha Li Ka Shing dari Hongkong berhenti sekolah umur 14 tahun, Dr. TD Pardede tidak menyelesaikan Sekolah Dasar dan motivator terkenal di Indonesia Andrie Wongso bergelar SDTTTBS (Sekolah Dasar Tidak Tamat Tetapi Bisa Sukses).

Berikut adalah 5 tokoh terkenal yang tidak berpendidikan, tetapi kesuksesannya mengalahkan orang-orang yang berpendidikan di tempatnya pada masanya, yakni :

 

  1. Abraham Lincoln, lahir di gubuk kecil di Kentucky pada tanggal 12 Februari 1809, dari orang tua yang miskin dan tidak berpendidikan, Lincoln hanya sempat sekolah selama 1 tahun, cukup untuk membuatnya bisa membaca, menulis dan berhitung.  Dengan banyak membaca, Lincoln mengejar ketertinggalannya dari orang-orang berpendidikan sehingga pada usia 28 tahun, dengan hanya bermodalkan pengetahuan dari buku tanpa guru, Lincoln menjadi ahli hukum. Lincoln yang semula pembelah kayu pagar, tentara, kelasi kapal, pelayan toko, kepala kantor pos akhirnya berhasil menjadi pengacara. Pada usia 38 tahun (1847) Lincoln terpilih menjadi anggota DPR dan pada tanggal 6 Nopember 1860 terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat.
  2. Andrew Johnson, lahir di Raleigh, North Carolina, pada tanggal 29 Desember 1808, dari orang tua yang hanya seorang penjaga pintu penginapan, sementara ibunya bekas pelayan penginapan tersebut. Jika Lincoln sempat sekolah selama 1 (satu) tahun, Andrew Johnson yang juga miskin malah tidak sempat mengecap pendidikan formal sama sekali. Andrew muda bekerja pada tukang jahit agar dapat menjadi tukang jahit, tetapi justru kemudian melarikan diri ke kota Tennesse. Di kota ini, ia berhasil membuka toko penjahit pakaian. Pada tanggal 5 Mei 1827, Andrew dalam usia 18 tahun menikahi Eliza McCardle, puteri tukang sepatu yang baru berusia 16 tahun. Istrinya yang berpendidikan mendorong Andrew memperbaiki diri dengan belajar. Ia kemudian mendapatkan kecakapan dan nama baik sebagai warga terkemuka. Andrew kemudian terpilih menjadi anggota Dewan Kotapraja kemudian walikota. Pada usia 35 tahun menjadi anggota Kongres Amerika. Kemudian terpilih menjadi Gubernur Tennesse dan senator selama 5 tahun. Ketika Lincoln menjadi Presiden, Andrew adalah wakil presiden. Setelah Lincoln tewas karena dibunuh, pada 15 April 1865, Andrew Johnson diangkat menjadi Presiden Amerika Serikat.
  3. George Washington, lahir di Westmoreland County, Colony and Dominion of Virginia pada tanggal 22 Februari 1732. George sempat sekolah hingga berusia 11 tahun, saat mana ayahnya meninggal dunia. Kebun warisan ayahnya dikuasai oleh saudara tirinya, Lawrence dan Augustine. George sebagai anak tertua membantu ibunya mencari nafkah. Pada usia 16 tahun, George tinggal bersama Lawrence di Mount Vernon. Setahun kemudian, George lulus sebagai juru ukur tanah. Dari gaji besarnya, pada usia 20 tahun George telah memiliki 2.008 are tanah. Saat Lawrence meninggal, George mewarisi kekayaannya sekitar 20.000 are tanah. Pada usia 21 tahun George menjadi tentara dengan pangkat Letnan Kolonel. Dalam usia 33 tahun, George memihak rakyat Virginia yang memberontak terhadap Inggris.  Pada tahun 1775, George Washington diangkat menjadi Panglima Tertinggi oleh Kongres Kontinental, Kongres 13 negara jajahan Inggris. Saat Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat tahun 1783, George keluar dari ketentaraan. Tahun 1787, ia menjadi Ketua Konvensi Konstitusional, dan pada tahun 1789 menjadi Presiden pertama Amerika Serikat.
  4. Zachary Taylor, lahir di Barboursville, Virginia, 24 November 1784. Tetapi semenjak bayi dibawa ke Kentucky dan dibesarkan di perkebunan. Taylor kemudian berkarir di ketentaraan hingga menjadi Jenderal. Dalam Pemilihan Presiden pada tahun 1848, Taylor berhasil menang dengan dicalonkan oleh Partai Whig. Taylor adalah presiden Amerika Serikat pertama yang berasal dari perwira karir AD, dan diketahui tidak pernah menjadi anggota parpol, mengikuti pemilu dan diduga tidak mampu mengeja dengan baik.
  5. Thomas Alva Edison, lahir di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847. Edison selalu mendapatkan nilai buruk di sekolahnya, dan akhirnya dikeluarkan ibunya dari sekolah. Di rumah Edison membaca buku-buku ilmiah dewasa dan melakukan percobaan-percobaan sendiri. Pada usia 12 tahun, Edison mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api, kemudian berpindah-pindah kota sebagai operator telegraf. Tahun 1870, ia berhasil membuat mesin telegraf yang lebih baik. Tahun 1877, menemukan gramofon. Tahun 1879 menemukan listrik, dan tahun 1890 mendirikan perusahaan General Electric. Edison adalah pemegang rekor 1.093 paten atas nama dirinya.

Penulis
Kategori Pendidikan, Sejarah

←LamaBaru →