Ghobro » info

Merah Silu Menjadi Kaya

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Merah Silu menjadi kaya. Begini kisahnya:

=======================

Alkisah peri mengatakan cetera Merah Silu dan Merah Hasum diceterakan oleh orang yang empunya cetera, tatkala ia diam di dalam negeri Beruana itu, hatta beberapa lamanya pada suatu hari Merah Silu itu pergi bermain ke sungai. Maka dilihatnya ikan terlalu banyak di dalam sungai itu. Maka tatkala pulang ia ke rumahnya, maka disuruhnya orangnya berbuat bubu. Telah sudah bubu itu diperbuat orang, maka pergilah Merah Silu itu ke hulu sungai itu menahan bubunya itu.

Maka pada keesokan harinya Merah Silu itu pergi melihat bubunya. Maka dilihatnya penuh dalam bubu itu gelang-gelang, maka dibuangnya gelang-gelang dalam bubunya itu, maka ditahannya pula bubu itu.

Maka esok harinya pergi pula ia melihat penuh juga dengan gelang-gelang, maka Merah Silu pun pikir dalam hatinya “ Bahwa gelang-gelang ini kurnia Allah taala akan aku rupanya”. Maka gelang-gelang itu pun dibawanya pulang ke rumahnya, lalu dibubuhnya dalam kawah, maka disuruhnya rebus semuanya gelang-gelang itu. Maka dengan takdir Allah Taala, gelang-gelang itu pun menjadi emas dan buihnya menjadi perak.

Maka menjadi kayalah Merah Silu itu. Maka diceterakan oranglah kepada saudaranya Merah Hasum perihal dikurniai Allah Ta’ala akan Merah Silu itu, demikian katanya, “Bahwa kakanda Merah Silu kami lihat dibawanya gelang-gelang ke rumahnya masuk dalam bubunya, maka pada hati kami dimakannya juga gelang-gelang itu.” 

Setelah sudah ia mendengar kabar saudaranya itu, maka Merah Hasum pun diamlah.

=======================

Bagaimana Merah Silu dan Merah Hasum setelah Merah Silu kaya. Akan tetap damaikah?

Daftar Isi Hikayat Raja-Raja Pasai

Penulis
Kategori Hikayat, Sejarah

←LamaBaru →