Ghobro » kritik

10 syarat pilkada langsung

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Penghapusan pilkada langsung adalah wacana yang mulai diusulkan Mendagri Gamawan Fauzi. Ide tersebut semula ditolak hampir semua parpol. Hanya Demokrat sebagai partai pemerintah dan PKB sebagai partai yang setia pada pemerintah yang mendukung.

Hasil pilpres 2014 yang dimenangkan oleh Jokowi – JK telah membuat perubahan sikap pada partai-partai Koalisi Merah Putih. Adalah Demokrat yang misterius, tidak masuk KMP tetapi juga tidak mendukung koalisi Jokowi. Dukungan pada pilkada tidak langsung, barangkali adalah salah satu deal agar Demokrat tidak menyeberang.

Tetapi secara tiba-tiba SBY mengumumkan mempertahankan pilkada langsung. Apakah demokrat sudah tidak santun mengkhianati KMP dan berharap pengertiannya? Tetapi SBY adalah politikus ulung. Bulan-bulanan media adalah pertimbangan untuk SBY melakukan konferensi pers yang menyenangkan hati PDIP. Trauma ganyangan media bagi SBY adalah wajar, di tengah-tengah munculnya kasus Jero Wacik. Tetapi, satu yang kita harus ingat, DUKUNGAN SBY PADA PILKADA LANGSUNG ada syaratnya. Ada 10 syarat yang mesti dipenuhi oleh Pilkada Langsung.

10 syarat pilkada langsung

Inilah 10 syarat agar pilkada langsung ikut dipertahankan Demokrat:

  1. Uji publik atas integritas dan kompetensi cagub, cabup, cawalikota.
  2. Efisiensi biaya pilkada harus dan mutlak
  3. Pengaturan kampanye dan pembatasan dana.
  4. Akuntabilitas penggunaan dana kampanye.
  5. Larangan politik uang dan sewa kendaraan partai. Maksudnya adalah, kalau seseorang ingin maju melalui partai A, maka umumnya dikenal ada mahar dan sebagainya, bagi PD harus dilarang.
  6. Larangan untuk melakukan fitnah dan kampanye hitam.
  7. Larangan pelibatan aparat birokrasi.
  8. Larangan pencopotan aparat birokrasi pasca pilkada.
  9. Penyelesaian sengketa pasca pilkada.
  10. Pencegahan kekerasan dari calon atas keputusan pendukung.

Mungkinkah

Satu pertanyaan kemudian timbul, mungkinkah RUU Pilkada yang disahkan sekitar seminggu lagi itu memenuhi semua syarat tersebut?

Penulis
Kategori Demokrasi, Peraturan

←LamaBaru →