Ghobro » kritik

Letak Palembang (Dulu) dan Siguntang

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Palembang dan Siguntang merupakan tempat yang bersejarah bagi orang Melayu, karena tempat ini merupakan tempat asal raja-raja Melayu. Palembang (sekarang) dengan bukit Siguntangnya dianggap tempat itu, tetapi benarkah?

Letak Siguntang

Dalam tulisan Negara Bukit yang menjadi Negeri Asal Melayu disebutkan bahwa Siguntang dan Mahameru adalah dua nama yang terpisah. Mahameru adalah gunung yang menurut tradisi Hindu merupakan gunung suci. Bukit Siguntang terletak di dekat NEGARA BUKIT MELAYU yang berbeda dengan Palembang. Marsden mengutip Bandar Tanah Melayu adalah bandar yang terletak sesudah bandar Palembang.

Dalam Kaba Minang, Bukit Siguntang-guntang merupakan tempat kediaman Dang Malini (Wan Malini) dan Dang Ambun (Wan Empuk), merupakan Sawah Gadang Satampang Banieh, Lagundi nan Baselo terletak di lereng Gunung Marapi. Tempat kedudukan rajanya menurut Kaba Minang adalah Pariangan Padang Panjang, sementara menurut Sejarah Melayu adalah Padang Penjaringan.

Dalam Buku Encydopaedie van Nederland Indie, tahun 1918 yang bahannya diambil dari Tambo Adat Kerajaan Manjuto di Renah Kemumu Srampas yang dipimpin Depati Pulang Jawa, batas wilayah Kerajaan Manjuto adalah :

Semenjak dari Pematang Tumbuk Tigo sampai Sebih Kuning Muaro Saliman sampai Semerap mendaki Gunung Raya turun ke Sungai Batang Selaut sampai Sungai Serik sampai ke Ombak nan Berdebur.

Keselatan sampai ke daerah Rawas – Rupit, Lubuk Linggau dan berbatas dengan Bukit Siguntang-guntang.

Sebelah Utara, sebelah Timur dari Pematang Tumbuk Tigo mencakup wilayah Depati Muaro Langkap menuju kearah Peratin Tuo dengan Pembarab Tiang Pumpung terus ke Limun Batang Asai, ke Sungai Suo di Muara Aman sampai mengalir ke Batang Ketaun sampai ke Ombak nan Berdebur.

  1. Bukit Siguntang-guntang terletak di lereng Gunung Merapi, merupakan tanah perladangan dan memiliki dataran (padang) yang lebar.
  2. Bukit Siguntang-guntang terletak di hulu Palembang.
  3. Bukit Siguntang-guntang terletak di selatan Rawas – Rupit.
  4. Gunung Merapi adalah Gunung Mahameru versi Melayu.

Sebagai catatan, selain Gunung Marapi di Sumatera Barat, di Sumatera Selatan juga ada Gunung Merapi.

Letak Palembang Dulu

Palembang saat ini adalah negeri yang didirikan oleh Dapunta Hyang Sri Jayanaga seperti yang tertulis dalam prasasti Kedukan Bukit. Tetapi kedudukannya sebagai ibukota kerajaan, baru diketahui setelah dimulainya dinasti Palembang Mataram. Dalam Sejarah Melayu, Palembang yang dimaksudkan berada di hulu dari Palembang yang sekarang, sebagaimana dijelaskan bahwa Demang Mangkuraja adik Demang Lebar Daun diutus untuk menjadi depati Palembang Hulu.

Palembang Hulu tersebut dalam kronik Banjarmasin disebut Palembang Sari yang merupakan asal isteri Lambung Jaya Wanagiri. Para penduduk Palembang Sari tersebut banyak yang bermigrasi ke Tanjungpura dan juga mendirikan negeri Palembang Sari di sana.

Menurut penduduk Bumi Ayu, Tanah Abang Muara Enim, di daerah aliran Sungai Lematang yang berhulu dari Bukit Siguntang Gunung Merapi (Mahameru Sumsel) tersebut, dahulu ada kerajaan Kadebong Undang. Penelitian yang dilakukan atas kawasan situs Bumi Ayu dan Situs Modong yang ada di hilirnya berdasarkan analisis keramik, gaya arsitektur candi dan tulisan kuno yang ditemukan pada buli-buli di sekitar situs menunjukkan bahwa kawasan situs Bumiayu berasal dari abad IX – XIII. Analisis C-14 dari sampel arang menunjukkan pertanggalan sekitar 1110 – 1330 M.

Abad XIII adalah masa Demang Lebar Daun dan rakyatnya pindah ke Bintan dan Singapura dibawa oleh Seri Teribuana. Sepeninggal itu, Demang Mangkuraja kembali ke Palembang Dulu sebagai depati dari Singapura.

Penulis
Kategori Sejarah, Hikayat

←LamaBaru →