Ghobro » kritik

Pro Kontra Pansus Pilpres

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Koalisi Merah Putih (KMP) Prabowo Hatta mewacanakan pembentukan Pansus Pilpres untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan pelaksanaan pilpres 2014. Pro kontra pun bermunculan.

Alasan yang kontra

Pansus pilpres dinilai akal-akalan KMP untuk mengganjal Jokowi-JK. Oleh karenanya, akademi dan pengamat Projo sibuk mengemukakan alasannya.

Misalnya, Charles W. Purba. Menurut Purba, ada hal yang lebih penting untuk ditindaklanjuti daripada Pansus Pilpres. Alasan utama yang dikemukakannya adalah energi, anggaran dan waktu. Masa kerja DPR yang tinggal sebulan dikhawatirkannya merusak kinerja DPR karena energi, anggaran dan waktu habis untuk membahas hal itu. Menurut Charles, masalah subsidi BBM lebih penting.

Pendapat Charles tentu saja akan berlainan dengan pendukung Prabowo Hatta. Masalah subsidi BBM telah dibahas dalam pembahasan RAPBN. Yang mempermasalahkannya ‘kan kubu Jokowi JK.

Alasan yang pro

Tim Asistensi Divisi Humas Bawaslu, Saparudin menilai bahwa  pembentukan pansus pilpres harus dimaknai positif. Dengan adanya pansus, dapat terungkap fakta baru yang tertutup dalam sidang DKPP dan sidang MK. Pengungkapan tersebut sangat penting untuk perbaikan pemilu, apalagi dalam Pemilu 2019, Pemilu Legislatif dilaksanakan bersamaan dengan Pemilu Presiden.

Carut marut masalah pemilih, seperti adanya DPKTb yang besar, selayaknya tidak ada lagi di Pemilu mendatang.

Penulis
Kategori Demokrasi, Konstitusi

←LamaBaru →