Ghobro » kritik

XL Unlimited Bermasalah

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Saat ini hanya ada tiga operator telekomunikasi yang bersaing di Indonesia. Dengan sedikitnya pilihan tersebut, menyulitkan kita untuk melakukan pilihan, ditinjau dari segi biaya dan kualitas layanan.

Dari sisi internet, indosat menawarkan harga yang lebih murah. Pilihan registrasi dengan KUOTA yang dapat disesuaikan dengan kantong dan sangat murah dibandingkan dengan pesaingnya masih diberikan ekstra bonus berupa opsi EXTRA kuota. Fitur EXTRA ini adalah pilihan yang memberikan keluwesan dibandingkan dengan XL yang harus mendaftarkan baru dan sehingga menumpuk bonus dan Telkomsel yang tidak jelas apa yang harus dilakukan jika kuota telah habis.

Tetapi, kemurahan indosat harus dibayar dengan keterbatasan jaringan. XL dan Telkomsel menjamin jaringan HSDPA hingga ke pelosok pedesaan, sehingga dari sisi internet pilihan hanya antara XL dan Telkomsel. Dibandingkan dengan Telkomsel dengan Simpati dan Axisnya, XL jelas lebih murah dengan XL dan Axisinya. Untuk kuota 100 MB, kita harus merogoh kocek 14.000 di pedesaan untuk Telkomsel, sementara untuk XL cukup dengan 5.000 rupiah saja. Artinya, XL menawarkan harga hampir 3 kali lebih murah.

Namun, kemurahan tersebut masih tetap saja mahal. Karena, website zaman sekarang yang memuat banner dan attachment berbasis video dan flash yang berbanding dengan akses HSDPA, sangat cepat menghabiskan kuota sehingga jika mengakses internet dari PC, laptop atau netbook, 500 MB sehari terasa sangat sedikit. XL dengan cerdik menempatkan kuota besarnya pada tengah malam untuk Hotrod dan tengah malam+pagi untuk Superngebut. Untuk mahasiswa, atau yang mampu begadang tentu saja sangat menarik, tetapi untuk anak-anak dan orang normal yang mengakses sore atau malam, kuota bonus tersebut tentu saja tidak ada artinya.

Salah satu alternatif barangkali adalah paket XLUnlimited. Sebagai pilihan ekonomis, saya mencoba paket ini. Tetapi apa lacur. Sejak pulsa 100.000 hingga 4 hari, tidak pernah mampu connect ke server. Menghubungi customer service di nomor 817 hanya membuang-buang uang, karena hubungan dengan tarif 500 per call ini hanya memberikan jawaban yang menyebabkan sakit kepala. Meskipun kita telah mengatakan bahwa pada saat yang sama kita masih mampu mengakses XL melalui paket Hotrod, CS XL akan tetap seperti robot menerangkan panduan pengesetan modem yang jelas-jelas akan sama dengan yang sudah terseting di modem kita.

Artinya, paket XL Unlimited hanyalah sebuah lips service yang mengesankan bahwa ada paket alternatif daripada Hotrod yang meskipun sepertinya murah, tetapi dapat saja merogoh kocek kita lebih kurang 500 ribu per bulan. Artinya, tidak lebih XL sekedar menghibur kita bahwa di mana pun berada masih tetap dapat mengakses internet dengan harga murah dan kecepatan yang memadai setara paket langganan internet rumahan atau akses dari warnet.

Penulis
Kategori Ekonomi, Komunikasi

←LamaBaru →