Ghobro » pribadi

Kewajiban Berpolitik dalam Islam

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Saat ini telah biasa ungkapan “Tidak ada politik di dalam agama dan tidak ada agama dalam politik”. Antara politik dan agama merupakan hal yang terpisah. Bagaimana menurut Islam?

Islam yes, politik no Nurcholish Majid

Nurcholis Majid adalah tokoh HMI yang mengambil langkah aman ketika dihadapkan pada pilihan perbenturan dengan Orde Baru. Ia menggunakan slogan “Islam Yes, Politik No”. Semenjak itu, kepasifan berpolitik bagi umat Islam, dianggap hal yang semestinya? Benarkah

Hubungan syariah dan syiasah menurut imam al Ghazali

Hujjatul Islam, Imam al Ghazali mengatakan, “Ketahuilah sesungguhnya syariah adalah asal, penguasa adalah pengawal. Segala sesuatu yang tidak memiliki asal maka ia akan runtuh dan segala sesuatu yang tidak memiliki pengawal maka ia akan lenyap.” Artinya bahwa syari’ah harus menjadi dasar penguasa muslim didalam menjalankan pemerintahannya yang mengatur berbagai urusan rakyatnya.

Setiap muslim adalah pemimpin

Setiap muslim mengetahui betul bahwa dia adalah pemimpin, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW dalam riwayat Buhari dan Muslim dari Ibnu Umar

”Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai prtanggungjawabannya terhadap orang-orang yang dipimpinnya.”

Agama adalah nasehat

Diriwayatkan oleh Muslim dari Tamim ad Daariy.

Rasulullah SAW bersabda,”Agama adalah nasehat.”.

Para sahabat bertanya,”Bagi siapa wahai Rasulullah?”.

Rasulullah SAW menjawab,”Bagi Allah, Rasul-Nya, Kitab-Nya, para pemimpin kaum muslimin serta orang-orang awam dari mereka.”

Kata Abu Bakar Khalifah bekerja untuk umat

Abu Bakar ash Shiddiq pernah mengatakan,”Wahai manusia, aku dahulu bekerja buat keluargaku, aku penuhi kebutuhan mereka. Adapun sekarang aku bekerja buat kalian maka mintalah kepadaku dari baitul mal kalian..”

Penulis
Kategori Demokrasi, Fatwa

←LamaBaru →