Ghobro » saran

Tanggapan atas Iklan Pro-Jokowi dan Iklan Antiprabowo

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Sesuai jadwal saat ini adalah musim tenang. Tetapi iklan-iklan pro-Jokowi dan antiprabowo bermunculan. Apa tanggapan tokoh dan media??

Tanggapan Detik

Detik yang diduga membela Jokowi, di detikinet inet.detik.com/read/2014/07/08/140249/2631297/398/2/mengusut-iklan-kampanye-hitam-pilpres menyatakan bahwa iklan dalam format 728 x 90 dan 300 x 250 tersebut merupakan akibat adware. Pernyataan tersebut tentu saja sepihak, karena nyata-nyata iklan tersebut tampil di adsense.

Tanggapan Fadli Zon

Sekretaris Tim Pemenangan Fadli Zon mengatakan bahwa kemunculan iklan tersebut pertanda Google berpihak pada Jokowi. Ini adalah sebuah intervensi asing. Munculnya, iklan tersebut juga melanggar peraturan periklanan dari Google sendiri.

Tanggapan Google

"Google merupakan platform yang netral secara politik. Seperti yang telah disebutkan dalam pernyataan kebijakan kami, Google tidak mengizinkan iklan politik di Indonesia," tulis pernyataan resmi Google kepada Vivanews, Selasa, 8 Juli 2014. Google Indonesia berjanji akan menghapus iklan-iklan tersebut.

Taati Aturan Kampanye

Penggunaan cara-cara yang melanggar peraturan tersebut tentu saja merupakan hal yang tidak baik bagi demokrasi. Benar, kalau menang pengusutan akan menjadi susah dan kalau kalah, pihak yang menang akan melupakannya. Tetapi, untuk kemajuan Indonesia, cara-cara bermartabat tentu sangat kita inginkan.

Siapa pun pemimpin yang terpilih, tentu saja yang diharapkan yang berkualitas. Bukan pemimpin yang menghalalkan segala cara.

Penulis
Kategori Demokrasi, Strategy

←LamaBaru →