Ghobro » tips

6 kiat agar berhasil menjalankan usaha rumahan

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Meredith Wood, Editor in chief FUNDERA, situs pinjaman untuk usaha kecil, membeberkan 6 tips (kiat) agar berhasil menjalankan usaha rumahan.

Enam tips tersebut adalah :

  1. Periksa hukum lokal.
  2. Tetapkan ruang di dalam rumah sebagai tempat usaha.
  3. Rencanakan baik-baik penjagaan anak.
  4. Tetapkan jam kerja.
  5. Jujur dengan teman-teman, keluarga dan tetangga.
  6. Ergonomis.

Hukum Lokal

Agar terhindar dari masalah, hukum lokal perlu diperhatikan. Para tetangga mungkin tidak nyaman jika usaha kita menyebabkan peningkatan lalu lintas di perumahan apalagi dituduh menjadi penyebab macet, membuat kebisingan dan menghasilkan polusi atau dianggap mengganggu budaya.

Perumahan diharapkan menjadi lingkungan yang menyenangkan. Rumah adalah tempat yang diharapkan menjadi istana dan menghilangkan masalah di kantor atau pabrik. Jika usaha kita telah berkembang menjadi kantor atau pabrik mini, tentu kenyamanan tetangga menjadi terancam.

Ruang Usaha

Keberhasilan bisa terjadi dari dapur. Tetapi meski demikian, bahwa usaha tidak akan tinggal di meja makan. Tanpa ruang khusus, sulit menghilangkan kehidupan pribadi, sulit untuk fokus dan sulit untuk bertemu dengan pelanggan.

Anak-Anak

Usaha di rumah memiliki keistimewaan karena peluang untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak lebih besar. Tetapi jika tidak direncanakan dengan baik, usaha yang mulai membesar bisa terganggu oleh anak. Telepon dari pelanggan diacak-acak atau pertemuan dengan pelanggan menjadi berantakan.

Teman, keluarga dan tetangga

Jangan sampai keseganan kita kepada teman, keluarga dan tetangga mengganggu usaha. Lebih baik jujur kepada teman menolak kunjungan mereka yang bersamaan jadwalnya dengan kedatangan pelanggan daripada harus mengecewakan kedua-duanya, teman dan pelanggan. Demikian pula terhadap kerabat dan keluarga.

Jam kerja

Bekerja dengan rumah tanpa menetapkan jam kerja akan menyebabkan kita “lembur setiap hari” atau “libur setiap hari”. Karena tidak ada bos, kita bisa menutup usaha seenaknya, begitu juga karena merasa tidak perlu “pulang kerja”, kita seenaknya bekerja seharian, mengabaikan anak, keluarga, teman dan tetangga.

Ergonomis

Bila jadi karyawan atau pegawai, ada perusahaan yang membantu jika kesehatan terganggu, tetapi jika usaha sendiri di rumah, kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan. Menjaga jarak pandang dari PC dan ketinggian meja yang tepat adalah contoh yang harus diperhatikan.

Berguna atau tidak tips/kiat ini, bijaki saja!

Penulis
Kategori Ekonomi, Strategy

←LamaBaru →