Ghobro » tips

Cara Meningkatkan Trust Rank

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Entah berapa kali blog ini berganti hosting, dari berbayar ke gratis dan balik lagi ke berbayar. Waktu adalah alasan utama penyebabnya. Produktivitas yang angin-anginan adalah racun utama yang menyebabkan membayar hosting agak mahalan terasa sia-sia. Apa ‘kan tidak? Menulis saja tidak sempat, apa lagi mempromosikannya? Dan, angka PR 0 yang bertengger adalah jaminan bahwa saya tidak butuh paket hosting lebih, hanya butuh paket standar jika perlu gratis.

Fakto-faktor web berubah

Tetapi saya salah.

Benar, Alexa Rank juga bergantung dari tipikal pengunjung. Pengunjung yang menggunakan toolbar mempengaruhi Alexa Rank. Oleh karenanya, AR tidak bisa dijadikan perhitungan kebutuhan bandwith dan CPU resources. Yang bisa dijadikan patokan adalah real kunjungan. Jika segan membuka log di hosting, atau membuka Google Analitycs, site meter dan sebagainya, textpattern ada fitur catatan pengunjung. Benar, itu sangat bergantung pada setingan kita. Tetapi dapat jadi patokan awal.

PageRank yang telah lama digunakan sebagai standar kehandalan web dalam search ternyata telah lumpuh. Ada standar-standar baru. Hal ini saya ketahui ketika tidak sengaja, membuka website seomastering, salah satu perujuk yang terekam dalam catatan pengunjung textpattern, yang kebetulan tersentuh oleh saya. Ada banyak hal baru yang menjadi indikator dan faktor.

Website itu menyediakan Real PageRank. Dari penjelasan website tersebut, adalah page rank yang sebenarnya dari web kita. Real PageRank lebih tinggi dari pada PageRank yang diperlihatkan oleh toolbar. Oleh karenanya, meski heran, Page Rank 0 kok, blog ini dapat juga kunjungan dari beberapa keyword. Minimal 2 hari dari tulisan diposting, postingan tersebut akan mendapatkan 1 kunjungan per hari. Rupanya, meskipun PR blog ini 0, RPR nya justeru 4,12. Entah bagaimana cara menghitungnya, dan apa benar website itu, entahlah.

Salah satu istilah baru yang saya tahu dari website itu adalah Trust Rank. Benda apa pula itu? Website itu menjelaskan TR adalah otoritas pada search engine.

Worthofweb menjelaskan bahwa TrustRank adalah metode analisis tautan. Trust Rank digunakan untuk memisahkan website dari webpage yang spam. TrustRank adalah tingkat kepercayaan yang dihadiahkan kepada web.

Unsur-unsur yang mempengaruhi TrustRank

TrustRank dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

  1. Umur domain. Domain yang lebih tua lebih dipercaya.
  2. Up to datenya isi website. Website yang memiliki penambahan dan perubahan isi yang up to date lebih terpercaya.
  3. Teknik promosi. Black hat teknik menyebabkan kepercayaan kepada website berkurang.
  4. Relevansi keyword. Website yang isinya relevan dengan keyword lebih terpercaya.
  5. Kaitan dengan tema. Penambahan isi yang tidak relevan dengan tema mengurangi kepercayaan.
  6. Tautan balik. Penautan website kepada website yang menggunakan teknik spam mengurangi kepercayaan.

Cara Meningkatkan

  1. Usahakan memenuhi unsur-unsur yang mempengaruhi TrustRank.
  2. Mendapatkan tautan balik dari website dengan tema yang sama. High PR tidak berarti untuk meningkatkan Trust Rank.
  3. Tambahkan konten yang informatif, berkualitas tinggi dan berhubungan dengan website.
  4. Hindari copas.
  5. Relevankan keyword.
  6. Lakukan update dengan interval yang reguler.
  7. Abaikan penggunaan nama domain yang mengandung istilah yang terlalu banyak.
  8. Dapatkan unique IP jika bisa.

Benar atau tidaknya informasi dan tips tersebut, wallahu alam. Tetapi sepertinya masuk akal.

Penulis
Kategori Web, Top

←LamaBaru →