Ghobro » tips

Mengatasi Emergency Mode Ubuntu

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Desktop yang sering diresume, atau sering mati mendadak menimbulkan masalah. Di Ubuntu, kita akan masuk pada mode emergency. Bagi yang pertama menghadapi masalah ini, tentu akan kebingungan karena proses booting Ubuntu terhenti.

Penyebab
Masalah
Solusi
Tindak Lanjut

Penyebab


Di antara hal-hal yang menyebabkan kondisi Emergency Mode adalah adanya kerusakan pada harddisk. Ubuntu memaksa berhenti sebelum kerusakan ini diperbaiki.

Ketika booting, Ubuntu berhenti pada pesan :
Type journalctl -xb to view system logs. Type systemctl reboot to reboot, Type systemctl default or \exit to enter default mode.

Ketika kita memilih default, ubuntu ngotot untuk kembali ke emergency mode.

Masalah


Masalahnya, ketika menjalankan fsck, fsck memunculkan informasi bahwa device mounted.

Solusi


Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat menjalankan fsck per partisi. Misalnya: sudo fsck /dev/sda1 sudo fsck /dev/sda2 dan seterusnya. Perbaiki yang diminta diperbaiki, dan lewati yang mounted.

Tindak Lanjut


Jika anda memiliki data-data yang penting yang berharga, ada baiknya segera ganti hardisk anda atau pindahkan data anda ke hard disk baru. Jangan baru kelabakan untuk merescue ketika hard disk sudah betul-betul fail. Jangan sampai anda mengalami suasana hingga berkata txt_quote_double_openah yang terpenting file yang penting dapat diselamatkantxt_quote_double_close padahal di antara yang tidak bisa diselamatkan, juga banyak yang penting-penting.

Penulis
Kategori ,

←LamaBaru →