Ghobro » tips

Mengimpor Daftar Tautan Otomatis ke Windows Live Writer

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Ada saatnya kita harus memasang ulang Windows Live Writer. Membeli PC/laptop baru, terjadi kerusakan dan berbagai alasan lainnya.

Saat pemasangan baru, kita dapat mengganti folder draft dan recent post agar Windows Live Writer merujuk ke postingan lama kita. Hal ini telah banyak membantu kita. Tetapi, masih ada pekerjaan besar yang menanti, yakni menyeting tautan otomatis. Kalau diseting satu per satu, tentu membutuhkan pekerjaan yang ekstra. Bagaimana mengakalinya?

Jika kita masih tersimpan file linkglossary.xml kita dapat menempelkan file tersebut di folder %Appdata%Roaming\Windows Live Writer\Link Glossary kita.  Tetapi folder %appdata%, akan terhapus bila kita memasang ulang system operasi Windows, oleh karenanya linkglossary layaknya disimpan di folder yang tidak berpengaruh jika terjadi pemasangan ulang sistem operasi. Bagaimana caranya?

Langkah-langkah penyesuaian daftar tautan otomatis

1. Tentukan folder penyimpanan daftar tautan

2. Tentukan nama daftar tautan

3. Tautkan secara simbolis daftar tautan dengan linkglossary

Penentuan Folder Penyimpanan

Selain memastikan folder penyimpanan berkas daftar tautan di tempat yang aman jika terjadi keharusan pemasangan ulang sistem operasi, perlu juga kiranya agar folder tersebut merupakan folder yang mudah diingat. Saya sendiri lebih suka menempatkannya di folder tempat penyimpanan draft posting (PostsDirectory). Sebagai contoh, gunakan folder D:\blog.

Penentuan Nama Daftar Tautan

Berkas yang digunakan oleh Windows Live Writer untuk penautan otomatis adalah linkglossary.xml. Jika kita menggunakan penautan simbolis (symlink), kita dapat menggunakan nama tersendiri, misalnya tautan.xml. Nama yang digunakan agar mudah kita mencarinya bila diperlukan.

Penautan Simbolis

Langkah terakhir adalah melakukan penautan simbolis. Langkah-langkahnya:

  1. Buka jendela cmd dengan cara mengetikan cmd pada kotak pencarian program dan berkas pada Start Menu.
  2. Setelah menekan tombol ENTER,  maka akan terbuka jendela Command Prompt dengan posisi directory C:\Users\[username]. [username] adalah nama pengguna kita pada Sistem Operasi windows.
  3. Ketikkan perintah Mklink “c:\Users\[username]\AppData\Roaming\Windows Live Writer\LinkGlossary\linkglossary.xml “ “[lokasi berkas tautan otomatis]”.

Misalnya :

Username kita adalah badu.

Mklink “C:\Users\badu\AppData\Roaming\Windows Live Writer\LinkGlossary\linkglossary.xml” “d:\blog\tautan.xml”.

Selamat mencoba dan semoga berguna.

Penulis
Kategori Blog, Software

←LamaBaru →