Ghobro » tips

Pencarian Isi File Pada Windows 7

Dimuat
Komentar Tak-satupun

Tidak terasa seiring berjalannya waktu, berkas yang ada pada komputer kita semakin menumpuk. Hasil kerja, unduhan dan salinan dari CD, flash disk atau memory card semakin menumpuk. Pengorganisasian berkas ke dalam folder-folder yang rapi pun rancangannya menjadi berantakan karena kategori pencarian kita yang selalu berubah berdasarkan kebutuhan pada waktu yang berbeda. Ketika merancang misalnya kita menganggap bahwa yang harus dibedakan adalah jenis berkasnya: file word, excel, publisher, power point, pdf, visio, shp dan sebagainya. Tetapi, dalam praktiknya kita kadang butuh pembedaan berdasarkan lokasi, personil, organisasi, waktu, program dan sebagainya. Pengorganisasian kembali yang memakan waktu yang cukup menyita ternyata juga menghasilkan masalah yang sama di belakang hari. Oleh karenanya, pencarian berkas kemudian menjadi pekerjaan yang cukup memusingkan.

Ada beberapa tool gratis yang dapat dimanfaatkan. Everything misalnya memiliki kehandalan karena mampu membuat database dalam waktu yang singkat dan menghasilkan hasil pencarian yang handal. Tetapi, everything tidak mampu melakukan pencarian content.

Search My Files mampu menghadirkan pencarian content. Tetapi penemuan hasil cukup lama. Google Desktop memiliki kehandalan waktu yang cukup, tetapi aplikasi ini sekarang sudah dihentikan pengembangannya.

Pada akhirnya, penggunaan fitur dari Microsoft sendiri masih solusi yang terbaik. Berikut, kiat-kiat untuk mengoptimalkannya:

  1. Aktifkan Pencarian Isi yang lebih mendalam
  2. Aktifkan Pencarian Isi untuk Jenis File tertentu
  3. Aktifkan Pengindeksan Folder yang berisi Berkas-berkas yang dicari

Pilihan Pencarian Isi Yang Lebih Dalam

Ketika kita melakukan pencairan pada kolom yang tersedia di kanan atas layar Explorer Windows 7, pencarian itu ditujukan untuk judul file. Untuk itu, bukalah Opsi Folder dan Pencarian pada menu Atur di Windows Explorer. Pilihlah Selalu Cari Nama Berkas dan Isi (mungkin memerlukan beberapa menit) pada kotak Apa yang dicari dalam tab Cari jendela Opsi Folder.

Ujilah dengan mengetikkan kata kunci pada kotak Cari Program dan Berkas pada Tombol MULAI.

Hasilnya harus berisi kata kunci daripada sekedar judul.

Pilihan Pencarian Isi untuk Jenis File tertentu

Buka kotak Cari Program dan Berkas pada Tombol MULAI. Ketik kata cari. Akan muncul beberapa hasil pencarian seperti:

  1.  Ubah cara Windows mencari
  2. Ubah opsi pencarian untuk berkas dan folder

Klik  Ubah cara Windows mencari, maka kita akan diperlihatkan jendela Indexing Options. Klik tombol Advanced, yang akan membawa kita ke jendela Advanced Options, dengan dua tab Index Settings dan File Types. Klik File Types, yang menampilkan jenis-jenis file di bawah kolom Extension dan cara file tersebut diindeks di bawah kolom Filter Descriptions.

Yang saya perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. doc –> Microsoft Office filter (sudah sesuai).
  2. docx –> Office Open XML Format Word Filter.
  3. pdf –> File Properties Filter
  4.  

Filter descriptions File Properties Filter pada pdf tersebut menunjukkan bahwa status pengindeksan file berekstensi .pdf hanya akan mengindeks judul file saja. Agar dapat mengindeks isinya, maka klik baris tersebut, kemudian setelah baris ekstensi pdf tersorot, pilih Index Properties and File Contents pada pertanyaan How should this file be indexed?

Penyertaan Folder-folder dalam Pengindeksan

Hasil pencarian yang dilakukan pada kotak Cari Program dan Berkas pada Tombol MULAI seharusnya terbagi atas tiga bagian, yakni : Program, Panel Kontrol dan Berkas. Jika hasil pencarian Berkas tidak muncul, menandakan belum ada folder yang diindeks oleh windows.

Untuk memasukkan folder ke indeks, dapat dilakukan dengan tiga cara :

  1. Memasukkan langsung dalam Indexing Options.
  2. Mengubah langsung atribut folder.
  3. Menambahkan langsung dari pada saat pencarian.

Memasukkan folder melalui jendela Indexing Options

Buka jendela Indexing Options dari Panel Control dengan cara yang paling mudah, yakni mengetikkan langsung kata Indexing Options pada kotak Cari Program dan Berkas pada Tombol MULAI, dan mengklik tautan Indexing Option yang keluar pada hasil pencarian yang ada bagian Panel Kontrol. Jendela awal Indexing Options menampilkan jumlah item yang diindeks (item indexed) dan kotak yang berisi informasi lokasi yang diindeks (Index these locations:), yang terdiri dua kolom Included Locations dan Exclude.

Untuk menambahkan folder, klik tombol Modify, yang akan memunculkan jendela Indexed Locations. Klik panah yang ada pada drive, sehingga tampil folder yang ada di drive tersebut dan cari folder yang akan dimasukkan. Setelah ketemu centang kotak di kiri. Bersamaan dengan tanda centang tersebut, maka folder tersebut akan tampil di kotak Summary of selected locations.

Mengubah atribut Folder

Buka Windows Explorer dan klik kanan folder yang akan dimasukkan ke dalam index pencarian. Klik Properti. Pada tab Umum, klik Tingkat Lanjut. Pada jendela Atribut Tingkat Lanjut, centang Izinkan berkas dalam folder ini untuk memiliki isi terindeks dalam tambahan ke properti berkas. Setelah diOKkan dan diTerapkan, kita dapat memilih Terapkan perubahan pada folder ini saja atau pilihan Terapkan perubahan pada folder ini, subfolder dan berkas pada jendela Konfirmasi Perubahan Atribut.

Menambahkan langsung dari pencarian

Jika pencarian dilakukan di Windows Explorer melalui kotak yang ada di kanan atas, saat pencarian diproses ditandai dengan warna arsiran yang berjalan dari kiri ke kanan pada lokasi alamat Hasil Pencarian dalam [Nama Folder], dua baris di bawah baris alamat tersebut muncul informasi Pencarian mungkin akan lambat pada lokasi yang tidak terindeks : [lokasi folder]. Klik untuk tambah ke indeks ….

Dengan mengklik pada baris informasi tersebut, maka akan muncul tiga pilihan :

  1. Tambah ke indeks …..
  2. Ubah lokasi indeks ….
  3. Jangan tampilkan pesan ini lagi.

Kalau kita mengklik pilihan pertama, akan muncul jendela Tambah ke Indeks. Setelah kita tekan tombol Tambah ke Indeks, bersamaan dengan hilangnya baris informasi tersebut, maka folder tersebut masuk ke indeks pencarian.

Penulis
Kategori OS, Strategy

←LamaBaru →